e arts@isi.ac.id t 0274-379133

Sidang Senat Terbuka dan Kuliah Perdana dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017

Sidang Senat Terbuka dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017 telah dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 29 Agustus 2016. Sidang dipimpin oleh Rektor ISI Yogyakarta, Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum. Sedangkan untuk Laporan Penerimaan Mahasiswa Baru ISI Yogyakarta Tahun Akademik 2016/2017 disampaikan oleh Pembantu Rektor I, Prof. Dr. I Wayan Dana, SST., M.Hum. Disampaikan pula kuliah perdana oleh Prof. Dr. Hj. Yudiaryani, M.A. dengan judul “PENDIDIKAN SENI BERPERSPEKTIF KEBANGSAAN DALAM PERGESERAN  SOSIAL BUDAYA”.

Laporan Penerimaan Mahasiswa Baru (149 downloads)

Materi Kuliah Perdana (125 downloads)

Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-32 ISI Yogyakarta

Dalam tahun 2016 ini, ISI Yogyakarta sebagai perguruan tinggi seni bersama dengan perguruan tinggi lain dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah beralih ke Kementerian  Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Peralihan tersebut tentu diharapkan dapat memberikan tekanan perubahan yang lebih terarah pada tujuan peningkatan mutu pendidikan tinggi serta riset dan inovasi. Kesemuanya itu dalam rangka untuk tujuan peningkatan daya saing bangsa.

Bersama peralihan kementerian tersebut, saat ini dalam tren global studies ada beberapa isu yang menjadi tekanan perhatian pada perguruan tinggi di dunia internasional, yaitu politik internasional, nation state, perubahan sosial, dan di dalamnya termasuk isu potensi ekonomi dari industri kreatif. Ditambah dengan fenomena baru yang tengah berlangsung di Indonesia yaitu baru saja diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka dalam momentum penting ini Dies Natalis ISI Yogyakarta ke-32 mengambil tema “Seni sebagai Gerakan Sosial Budaya”. ISI Yogyakarta yang mempunyai domain bidang penciptaan, pengkajian, dan tata kelola seni dalam pendidikan tinggi harus bisa menempatkan aktivitas akademik, penelitian dan perancangan seni, kegiatan pengabdian kepada masyarakat, maupun pendukung lainnya dalam perspektif tema tersebut. Seni yang secara niscaya melekat pada kehidupan manusia, dalam berbagai isu global studies dan MEA tersebut tentu mampu sebagai penggerak sosial budaya. Gerakan sosial budaya menawarkan kekuatannya yang aktif dalam memberi perubahan pada masyarakat dan kebudayaan.

(cuplikan Pidato Rektor ISI Yogyakarta pada acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-32 ISI Yogyakarta)

Unduh selengkapnya Pidato Rektor ISI Yogyakarta pada acara Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-32 (102 downloads)

Pidato Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum

Sidang Senat Terbuka Institut Seni Indonesia Yogyakarta dalam rangka Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. M. Agus Burhan, M.Hum., telah dilaksanakan hari ini Rabu, tanggal 24 Februari 2016, bertempat di Gedung Concert Hall ISI Yogyakarta. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dan dipimpin langsung oleh Rektor ISI Yogyakarta.

Dalam acara ini, Prof. Dr. Agus Burhan, M.Hum. menyampaikan pidato pengukuhan yang berjudul “Sejarah Seni Lukis Modern Indonesia: Historiografi dan Fungsinya”.

Unduh Pidato-Pengukuhan-Guru-Besar.pdf (208 downloads)

Maklumat

Halaman web ini memuat kumpulan berbagai pidato ilmiah, pidato dan laporan rektor, serta pidato lainnya, yang dapat didownload/diunduh langsung. Setiap pidato penting akan diunggah ke dalam website ini. Karena itu silakan kunjungi setiap saat anda perlukan.